Desain Kaos Distro dengan Template

Desain Kaos Distro 2
Desain Kaos Distro dengan Template Jika sebelumnya saya sudah memberikan panduan tentang Desain Koas Distro dengan Photoshop tetapi dalam panduan tersebut benar-benar belajar dari awal membuat desain dan untuk panduan berikutnya saya akan memberikan tutorial tentang desain kaos distro dengan template, dimana cukup menggunakan sebuah template kaos yang dapat di download secara gratis atau sobat juga dapat menggunakan desain sendiri tentunya. Kaos distro sendiri merupakan bagian dari seni visual yang cukup menarik untuk digeluti, baik itu untuk keperluan bisnis, maupun hanya sekedar hobby untuk keperluan personal. 

Berikut Langkah-langkahnya;

Langkah 1
Buka Gambar template kaos dengan Photoshop. Jika kamu belum punya template kaos, silahkan cari saja di mbah Google pilih sesuka hati. Kalau mau pake template dibawah langsung copas saja!



Langkah 2
Gunakan Pen Tool untuk menyeleksi kaos.



Langkah 3
Dalam keadaan seleksi kaos aktif, klik layer "Background", lalu tekan tombol Ctrl + J di keyboard. Maka akan muncul sebuah layer di atas layer "background" berupa duplikasi berdasarkan seleksi yang telah dibuat tadi.



Langkah 4
Klik pada "layer 1", lalu tekan tombol Ctrl + L di keyboard untuk membuat Adjustment Level untuk layer tersebut. Atur settingan pada adjustment level seperti gambar dibawah. Langkah ini akan membuat warna kaos pada "Layer 1" menjadi terang berwarna putih.





Langkah 5
Ubah blending mode "layer 1" menjadi Multiply. Langkah ini membuat bagian yang tampil pada layer 1 hanyalah bayangan lipatan-lipatan baju.



Langkah 6
Sekarang saatnya memasukkan Desain Kaos. Desain kaos di tutorial ini saya buat di Photoshop juga, tidak masalah kalau desain kamu di Illustrator atau CorelDRAW , langkah-langkahnya sama saja. Buka dan copy Desain (Ctrl+C).



Langkah 7
Kembali lagi ke Dokumen kerja, lalu tekan tombol Ctrl + V untuk paste desain kaos tersebut.



Langkah 8
Klik layer "baju PSD" (layer desain kaos), Lalu tekan tombol Ctrl + [ di keyboard untuk memposisikan layer desain kaos dibawah layer 1. Sekarang preview desain terlihat lebih realistis karena bayangan lipatan kaos dari "layer 1" terlihat diatasnya.



Langkah 9
Sekarang kita akan membuat agar desain kaos dapat diposisikan lebih bebas pada template. Caranya, tekan tombol Ctrl lalu klik pada thumbnail layer 1 untuk mengambil seleksi berdasarkan bentuk objek pada layer 1.



Langkah 10
Sementara seleksi aktif, klik pada layer "baju PSD" lalu klik icon Add layer mask dibagian bawah layer palette. Layer mask akan terbentuk berdasarkan seleksi yang sedang aktif dan berfungsi agar bagian diluar seleksi tersebut tidak kelihatan pada area kerja. Jika sudah, klik pada tanda rantai diantara thumbnail layer "baju PSD" dan layer mask untuk menghilangkan-nya.



Langkah 11
Langkah tadi membuat kita lebih bebas menggeser dan memperbesar desain kaos untuk mengatur posisi yang sesuai dengan tampilan kaos. Klik pada thumbnali layer " baju PSD " lalu tekan Ctrl + T (transform) di keyboard untuk mulai mengatur posisi tampilan desain pada kaos.



HASIL AKHIR
Beginilah hasil akhir yang kita dapat pada tutorial photoshop kali ini. Bayangan lipatan kaos terlihat di atas desain dan membuat preview t-shirt tampil realistis.



Bagaimana menurut kamu? Jika ada kritik, saran, maupun pertanyaan. Silahkan disampaikan melalui kolom komentar!

Selamat mencoba


0 komentar: