Cara Mudah Install Wordpress Dengan FTP Filezilla

AW - Cara Mudah Install Wordpress Dengan FTP Filezilla - Pada panduan sebelumnya saya telah membahas tentang Cara Install WP dengan Auto Installer dan panduan berikutnya adalah tentang cara install wordpress dengan FTP Filezilla. Caranya memang sedikit lebih sulit menggunakan auto installer tetapi dengan mengikuti panduan dari saya secara step by step maka saya kira tidak sulit. Di sini saya asumsikan Anda sudah install Wordpress dan setelah berhasil didownload, kemudian Anda harus meng-extract-nya. 

Berikut langkah-langkahnya:
Buka FTP Filezilla Anda dan masuk ke akun domain server Anda seperti pada gambar dibawah ini:


Setelah itu klik (buka) folder public_html pada bagian server (panah oranye) dan buka folder script Wordpress yang telah di-extract tadi pada komputer Anda (panah merah). Ketika Anda telah masuk folder Wordpress, Anda blok semua file didalamnya tersebut, lalu klik kanan dan klik upload seperti pada gambar dibawah ini:
 

Maka proses uploading akan seperti berikut:
 

File Wordpress (kotak hijau) berpindah ke server (kotak merah), sedangkan kotak oranye menunjukan file apa yang sedang masuk dalam antrian. Sembari Anda menunggu proses upload selesai, Anda bisa menunggu sambil membuat database melalui cPanel Anda. Login cPanel kemudian masuk ke kontrol panel databases dan klik MySQL Databases seperti pada gambar dibawah ini:
 

Kemudian buat database pada kolom create new database (isi dengan nama yang Anda inginkan) dan klik tab create database:
 

Setelah itu Anda perlu membuat username database tersebut (masih pada laman MySQL). Klik nama user yang Anda inginkan pada kolom username, isi password yang Anda inginkan pada kolom password [ulang pada kolom password (again)], lalu klik tab create user seperti pada gambar dibawah ini:
 

Kemudian Anda harus menyatukan MySQL tersebut dengan Database yang telah dibuat tadi. Masih pada laman MySQL, scroll lebih bawah dan temukan menu Add User To Database lalu klik Add seperti pada gambar dibawah ini:
 
Maka akan muncul jendela baru seperti berikut:
 

Centang pilihan All Privileges (panah oranye) lalu klik tab Make Changes (panah merah). Setelah itu, kembali ke laman MySQL dan ingat nama user serta database yang telah dibuat tersebut, atau catat pada notepad Anda Agar tidak lupa.
 

Setelah itu, Anda kembali ke Filezilla kemudian jika proses upload sudah selesai, Anda cari file pada bagian server yakni wp-config-sample.php, klik kanan dan edit seperti pada gambar dibawah ini:
 

Kemudian akan terbuka file baru dalam bentuk notepad atau wordpad. Lalu cari database seperti pada gambar berikut:
 

Kata yang kami garis bawahi dengan warna hijau, Anda ubah sesuai dengan nama database, username dan password yang Anda buat pada cPanel sebelumnya sehingga menjadi seperti berikut:
 

Kemudian klik save dan kembali ke Filezilla. Jendela kecil muncul dan menanyakan apakah file yang tadi kita edit akan di save atau tidak? Maka kita klik yes atau ya.
 

Kemudian file wp-config-sample.php tersebut kita rename (ganti namanya) dengan wp-config.php.
 

Setelah itu kembali ke browser Anda, buka domain Anda, maka otomatis Anda akan masuk ke laman instalasi wordpress. Atau jika tidak Anda tambahkan kata “wp-admin/install.php” dibelakakang domain Anda seperti berikut:
 

Sedangkan laman instalasi Wordpress yang terbuka adalah seperti berikut:
 

Kemudian isi kolom-kolom yang kosong tersebut dengan data-data Anda.
 

Isi kolom Site Title sesuai dengan tema blog Anda, isi kolom Username sesuai dengan yang Anda inginkan, isi kolom Password sesuai yang Anda inginkan, isi kolom Your E-mail sesuai dengan email valid Anda, centang Allow search engines to index this site pada panel Privacy agar blog Anda terindex di mesin pencari seperti Google, Yahoo!, Bing, dll. Data-data yang Anda isi tersebut nantinya bisa Anda edit kembali pada dashboard Wordpress. Terakhir klik tab Install Wordpress.

Jika proses instalasi berhasil, maka jendela baru akan muncul seperti berikut:
 

Klik Login dan masukan username serta password Wordpress Anda:
 

Maka Anda akan masuk ke Dashboard Wordpress seperti berikut:
 

Pada menu dashboard tersebut, Anda bisa mengedit segala kebutuhan Anda mengenai Wordpress. Untuk melihat tampilan blog, Anda ketik saja domain Anda pada browser atau klik visit site pada menu dashboard.
 

Maka tampilan awal Blog Wordpress Anda akan terlihat seperti berikut:
 


Selesai sudah proses instalasi manual Wordpress menggunakan FTP Filezilla. Happy Blogging!!

0 komentar: