10 Tips Mudik Aman dengan Sepeda Motor

AW - Mudik Lebaran menjadi tradisi bagi sebagian besar umat muslim di Indonesia. Ketika para pemudik mulai beraksi, banyak ditemui dari mereka yang menggunakan moda transportasiDengan alasan biaya murah dan bisa cepat sampai kampung halaman karena tidak terhalang oleh kemacetan. Tapi tahukan Anda jika hal ini sangat berbahaya. Namun apabila terpaksa menggunakan sepeda motor untuk mudik, gombongmotorcommunity.com mempunyai beberapa tips yang berhasil kami himpun dari Ketua Umum Road Safety Association (RSA), Edo Rusyanto.

Menurut Edo Rusyanto, hal utama yang harus diperhatikan adalah faktor dari sepeda motornya itu sendiri. Cek seluruh bagian sepeda motor yang akan digunakan untuk mudik. Pastikan sepeda motor yang akan digunakan untuk mudik siap untuk dikendarai dalam kondisi jarak jauh.

Beberapa aspek juga harus diperhatikan, seperti kondisi ban, rantai, aspek pengapian seperti koil, CDI maupun busi. Selanjutnya kondisi lampu juga harus diperhatikan. Sebisa mungkin kondisi lampu cukup untuk penerangan jika terpaksa harus melakukan perjalanan di malam hari.

Kemudian setelah motor siap, kondisi tubuh dari pemudik itu sendiri juga menjadi kunci utama. Hindari membawa motor dalam kondisi ngantuk. Istirahat yang cukup dan sebisa mungkin melepas lelah di lokasi yang terdapat ruang atau tempat untuk merebahkan badan.

Selanjutnya yang juga harus menjadi perhatian adalah barang bawaan. Sangat dianjurkan pemudik dengan sepeda motor tidak membawa barang yang melebihi kapasitas. Berboncengan lebih dari satu penumpang juga sangat berbahaya. (Sportku)

Baca juga: 12 tips mudik aman menggunakan mobil

Sumber: http://gombongmotorcommunity.com

0 komentar: