Tips Cara Mudah Merawat Handphone Touchscreen

AW - Sekarang banyak produk gadget terutama smartphone yang memiliki fitur layar sentuh atau touchscreen. Fitur layar sentuh atau touchscreen ini memerlukan perhatian khusus supaya ke depan penggunaannya bisa bertahan lebih lama karena teknologi layar sentuh sangat berbeda dengan layar biasa.

Jika Anda pengguna smartphone atau handphone touchscreen Anda harus mengetahui cara atau tips yang bisa menjaga hp Anda tersebut sehingga tidak akan cepat rusak dan tidak bisa digunakan lagi. Jika Anda tidak bisa memperlakukannya dengan baik, perangkat smartphone
Anda akan mudah rusak dan ini adalah kerugian buat Anda. Simak tips Tips Cara Mudah Merawat Handphone Touchscreen untuk menjaga perangkat Anda tetap awet berikut ini.


1. Jangan pernah paparkan langsung handphone touchscreen pada sinar matahari
Cara merawat handphone touchscreen pertama sebaiknya Anda tidak pernah mengeluarkan handphone saat panas menyengat, karena dengan memaparkan handphone touchscreen ke sinar matahari langsung akan bisa merusak kualitas layar LCD. Paparan sinar matahari megandung sinar ultraviolet yang bisa membuat komponen-komponen penting dalam LCD Anda rusak dan akhirnya bisa menurunkan kualitas LCD, jadi jika memang Anda terpaksa menggunakan smartphone di luar ruangan, carilah tempat yang teduh untuk menggunakan handphone.


2. Jangan simpan handphone touchscreen Anda di kantong celana
Inilah yang sering dilakukan bila ingin menyimpan smartphone, menyimpan smartphone di saku celana adalah cara yang mudah dan praktis saat kita bepergian. Dengan menyimpannya di saku celana akan membuat LCD smartphone Anda tergores dan lama kelamaan ini bisa merusak layar LCD. Menyimpan smartphone di saku celana tidak akan menjadi masalah besar jika smartphone Anda telah dilengkapi dengan fitur pelindung LCD Gorilla Glas. Jika Anda terpaksa menyimpannya di saku celana, pastikan Anda telah memasang pelindung yang baik untuk melindungi smartphone.


3. Pastikan memasang screenguard
Mungkin Anda sering lupa untuk memasang screenguard pada LCD smartphone karena alasan kesibukan, luangkan waktu sebentar untuk memasang screenguard pada smartphone karena layar akan rentan dengan kerusakan seperti tergores atau terpapar sinar matahari langsung jika Anda tidak memasangnya dengan screenguard. Memasang screenguard tidak memerlukan biaya mahal, ini tidak sebanding dengan keamanan yang akan Anda dapatkan dan daya tahan handphone Anda yang mahal. Tanpa screenguard handphone Anda yang mahal akan cepat rusak.


4. Gunakan jari Anda dengan baik dan benar
Menggunakan jari dengan baik dan benar akan membuat handphone touchscreen Anda lebih awet dan tahan lama. Jangan pernah menggunakan selain jari tangan untuk mengoperasikan smartphone Anda karena itu akan bisa merusak layar touchscreennya. Akan tetapi jika memang handphone Anda telah menyediakan stylus khusus, Anda bisa menggunakannya untuk mengoperasikan handphone touchscreen. Sekali lagi jangan menggunakan kuku jari atau apapun selain jari tangan untuk mengoperasikan smartphone demi keawetan handphone Anda.


5. Jangan menekan layar handphone
Ingat, istilah menyentuh dan menekan sangat berbeda. Handphone touchscreen mengartikan bahwa mengoperasikan handphone hanya dengan menyentuh tombol atau panel yang terdapat di layar sentuh. Dengan demikian jangan pernah menekan layar sentuh handphone karena ini akan dengan mudah merusak perangkat Anda. Hanya dengan sentuhan ringan pun perintah Anda akan dieksekusi dengan baik, jadi tidak perlu menekan layar sentuh terlalu keras pada perangkat Anda.


6. Jangan dekatkan handphone dengan benda-benda yang mengandung magnet
Jauhkan handphone Anda dari benda-benda yang mengandung magnet sangat baik untuk menjaga keawetannya. Benda-benda yang mengandung magnet seperti Televisi atau radio bisa membuat HP Anda rusak dalam waktu yang lebih cepat. Radiasi atau medan magnet akan membuat daya sensitifitas handphone Anda berkurang. Jadi, cara merawat handphone touchscreen terakhir jangan meletakkannya sembarangan terutama di dekat TV atau radio yang mengandung magnet


sumber

0 komentar: