Cara Cepat dan Mudah Membuat Email Google

AW - Seperti yang sudah saya beritahukan pada posting sebelumnya. Sampai dengan saat ini ada banyak nama untuk penyedia layanan email di jagat dunia maya ini.
Tapi dari semua nama itu, hanya ada 2 nama yang populer. Mereka adalah Google dan Yahoo, untuk pembuatan akun di yahoo anda bisa membaca artikel ini cara membuat email Yahoo.



Sekilas Mengenai Gmail
Gmail adalah salah satu layanan dari Google yang menyediakan fasilitas berkirim surat secara online atau E-mail. Diluncurkan sekitar 8 tahun yang lalu tepatnya pada April 2004. Gmail bisa dibilang sukses karena mampu mengalahkan kepopuleran yahoo dalam hal layanan E-mail. Hal itu dibuktikan dengan semakin bertambahnya pengguna Gmail di seluruh dunia. Tercatat sampai dengan Januari 2012, pengguna Gmail telah menembus angka 350 juta. Tentunya sebuah angka yang sangat luar biasa untuk kita melihatnya.

Kenapa Harus Menggunakan Gmail ?
Sudah saya terangkan di atas bahwa Gmail merupakan layanan penyedia E-mail yang sangat populer saat ini. Dengan membeking nama Google di belakangnya tentu membuat orang akan lebih tertarik untuk menggunakan layanan ini. Cukup memiliki sebuah akun Gmail itu tandanya anda juga terintegrasi dengan layanan-layanan lainnya yang disediakan oleh Google seperti Google Drive, Blogger, Youtube.
Tidak hanya itu, jika dibandingkan dengan para pesaingnya Gmail merupakan penyedia layanan E-mail dengan kapasitas memori terbesar. Menurut data yang muncul pada akun Gmail saya, kapasitas yang disediakan adalah 10,1 GB, sebuah jumlah kapasitas yang fantastis menurut saya.
Selain itu Gmail juga memberikan pengalaman menggunakan E-mail yang lebih baik, cepat, dan nyaman kepada para penggunanya. Didukung dengan layanan pengiriman yang cepat, serta kemudahan dalam menggunakannya Gmail diperkirakan bisa meraih lebih banyak lagi pengguna kedepannya.

Cara Membuat Email Google – Gmail

Tidak sulit untuk membuat sebuah akun Gmail, hanya pastikan anda mengikuti langkah-langkah di bawah ini dengan benar :
1. Buka Gmail.com di browser anda.
Cara Membuat Email Google -Gmail
Langkah 1
2. Sampai di halaman utama Gmail, cari pilihan BUAT AKUN di bagian pojok kanan atas. (Perhatikan Gambar di atas !)
3. Setelah di klik anda akan masuk ke bagian formulir pendaftaran. Anda harus mengisikan data-data anda secara lengkap di sana. Setidaknya anda diminta mengisikan 8 informasi yang terdiri dari :
  • Nama Depan dan Nama Belakang : Isi sesuai dengan nama anda.
  • Pilih Nama Pengguna : Ini adalah alamat E-mail yang nantinya akan anda gunakan. Silahkan diisi sesuai keinginan anda.
  • Buat Sadi : Pastinya anda sudah tahu yang ini, anda diminta mengisikan kata sandi/password anda disini.
  • Konfirmasi Kata Sandi : Tuliskan kembali kata sandi/password anda disini.
  • Tanggal Lahir : Isikan data kelahiran anda disini. Formatnya terdiri dari Tahun, Bulan, dan Tanggal.
  • Gender : Isikan jenis kelamin anda disni.
  • Ponsel : Isikan nomor ponsel anda disini. Perlu diingat, kode +62 itu merupakan kode untuk negara Indonesia yang artinya adalah O. Jadi silahkan isi angka nomor ponsel anda setelah angka O .
  • Alamat Email Anda Saat Ini : Jika anda memiliki alamat E-mail yang lain, isikan disini.
  • Untuk Contoh pengisian formulir bisa anda lihat pada kedua gambar di bawah !
Cara Membuat Email Google - Gmail
Gambar 2.1
Cara Membuat Email Google - Gmail
Gambar 2.2
4. Setelah anda mengisikan semua data-data yang diminta. Centang kotak yang bertuliskan SAYA MENYETUJUI PERSYARATAN LAYANAN dan KEBIJAKAN PRIVASI GOOGLE. Perhatikan gambar 2.2 !
5. Setelah itu klik LANGKAH BERIKUTNYA .
6. Sekarang anda diminta untuk memilih metode verifikasi via ponsel. Silahkan dipilih, menggunakan PESAN TEKS ata PESAN SUARA. Saya sarankan pilih PESAN TEKS. Setelah itu silahkan klik tombol LANJUTKAN . (Perhatikan gambar di bawah ! )
Cara Membuat Email Google - Gmail
Langkah 3
7. Anda akan dikirimkan sebuah kode melalui sms. Silahkan isikan kode berikut di kolom yang disediakan lalu klik tombol LANJUTKAN !
Cara Membuat Email Google - Gmail
Langkah 4
8. Bila kode verifikasi benar maka sekarang tinggal melakukan setting untuk profile anda. Klik saja tombol LANGKAH BERIKUTNYA !
Cara Membuat Email Google - Gmail
Langkah 5
9. Sekarang akun anda sudah berhasil dibuat. Untuk langsung masuk ke Gmail, klik tombol LANJUTKAN ke GMAIL !
Cara Membuat Email Google - Gmail
Langkah Terakhir
 Bagi anda yang masih bingung dengan cara-cara di atas, bisa melihat video tutorialnya dibawah ini :
Dengan memiliki akun ini anda juga bisa mengintegrasikannya dengan layanan Google lainnya seperti yang sudah saya jelaskan pada awal artikel. Baiklah, saya rasa langkah-langkah Cara Membuat Email Google – Gmail cukup sampai disini saja .

0 komentar: