10 Tips Gampang Merawat Laptop

AW - Tips Merawat Laptop yang baik haruslah anda ketahui agar laptop yang anda miliki saat ini bisa awet sampai bertahun-tahun. Sebenarnya untuk merawat laptop tidaklah sulit jika dibandingkan dengan merawat komputer, itu dikarenakan komputer memiliki komponen yang terpisah-pisah sedangkan laptop semuanya jadi satu atau all in one.
Tapi jika dibandingkan dengan komputer laptop jauh lebih sensitif, itu dia
kenapa jika tidak dirawat dengan baik maka laptop anda akan sering berurusan dengan tukang service yang tentunya akan mengeluarkan biaya lebih untuk anda. Ada pepatah yang mengatakan bahwa halnya lebih baik mencegah daripada mengobati, jadi apabila bisa dijaga itu lebih baik daripada harus ditunggu sampai rusak dahulu.
Cara Merawat Laptop ini bisa anda gunakan untuk merek laptop apa saja. Mau ASUS, ACER, FUJITSU, DELL, HP, TOSHIBA, LENOVO, atau AXIO semua berlaku untuk tips ini. Oke, mari kita perhatikan cara-caranya :

Tips Merawat Laptop yang Perlu Anda Ketahui

1. Bersihkan Laptop dari Debu Secara Rutin dan Berkala
Hal ini yang pertama harus anda lakukan, walaupun kedengarannya sepele tapi hal ini juga merupakan cara yang baik untuk menjaga  laptop tetap awet. Selain karena alasan kebersihan, dengan membersihkan debu yang ada pada laptop akan mencegah resiko penyumbatan kipas pembuangan laptop dikarenakan debu.
Bersihkanlah laptop anda sekurang-kurangnya seminggu sekali, gunakan kuas yang halus untuk membersihkan bagian keyboard dan gunakan kain dengan tekstur lembut untuk membersihkan LCD anda.

2. Selalu Gunakan Battery Laptop Anda
Ini yang sering terjadi pada sebagian besar pengguna laptop. Mungkin ada dari anda yang melepas baterry laptop anda ketika sedang menggunakan Charger atau daya listrik/DC. Ini adalah hal yang sangat beresiko, jika saja tiba-tiba listrik di rumah anda padam maka laptop akan langsung mati dan dapat berdampak buruk kepada komponen laptop anda terutama Harddisk dan Mainboard.
Jadi walaupun anda sedang menggunakan daya listrik/DC usahakan agar battery anda selalu terpasang. Gunanya adalah sebagai penahan daya, jadi ketika listrik anda mati tiba-tiba maka laptop anda akan tetap nyala dengan daya dari battery sehingga anda bisa melakukan shut down terlebih dahulu.

3. Jangan Letakan Barang yang Berat di atas Laptop
Meletakan barang-barang berat di atas laptop seperti buku atau semacamnya bisa berpotensi membuat rusaknya layar LCD. Memang tidak langsung rusak, tapi jika terus seperti itu LCD anda akan rusak secara perlahan. Kebetulan saya pernah megalami kejadian seperti itu. Awalnya laptop tidak apa-apa sampai mulai muncul garis-garis seperti TV yang tidak dapat sinyal ketika saya menggerakan layar LCD laptop. Jadi sekali lagi, hindari meletakan benda-benda berat di atas laptop.

4. Jangan letakan laptop di atas Permukaan yang Lembut Seperti Kasur
Ketika sedang dalam keadaan menyala, laptop anda akan terus mengalirkan hawa panas keluar. Itu adalah hal wajar, karena kinerja Processor, Harddisk dan komponen lainnya di dalam body laptop itu semua menghasilkan panas. Oleh karena itu laptop membuang semua hawa panas itu ke bagian luar.
Apabila anda meletakan Laptop anda di atas permukaan yang lembut ketika sedang menyala ini sangatlah tidak baik, hawa panas laptop akan sulit untuk keluar sehingga dapat menyebabkan Processor anda menjadi cepat panas. Jika ini terus berlangsung bukannya tidak mungkin bila processor anda menjadi rusak.

5. Hindari Laptop Anda dari Getaran dan Alat Elektromagnetik Lainnya
Sebisa mungkin jauhi laptop anda dari getaran dan alat-alat elektromagnetik seperti Loudspeaker, Handphone, dan apapun yang memiliki getaran yang cukup kuat.

6. Perhatikan Suhu Ruangan Anda
Ini  hampir sama dengan point nomor 4. Suhu yang terlalu panas dapat menyebakan kerusakan pada komponen-komponen laptop anda. Jadi perhatikan suhu ruangan anda, jika memang terasa panas dan anda menggunakan laptop untuk waktu yang cukup lama sebaiknya coba untuk gunakan Cooling Pad.

7.  Gunakan Antivirus yang Baik
Sebenarnya ini lebih kepada software, tapi ini juga berpengaruh terhadap hardware. Kenapa demikian, bila saja laptop anda memiliki banya virus tentunya akan membuat kinerjanya semakin lambat. Mungkin ada jenis virus yang membuat beban lebih kepada processor dengan cara membuka banyak program dalam waktu yang bersamaan. Jika ini terus terjadi, bisa-bisa dapat menyebabkan kerusakan pada Processor anda.

8. Letakan Laptop di Permukaan yang Datar
Usahakan agar laptop anda diletakan pada permukaan yang datar, kenapa begitu ? Karena ketika laptop dalam kondisi menyala, piringan yang ada di dalam hariddisk ada dalam kondisi berputar. Jika anda meletakan laptop pada sudut kemiringan tertentu itu bisa saja menyebabkan head hardisk menggores piringan tersebut. Hal ini bisa berujung kepada banyaknya bad sector pada harddisk anda.

9. Hindari dari Benda Cair
Ini sudah pasti, bukan hanya laptop tapi semua barang elektronik memang harus dihindarkan dari benda cair karena dapat menyebabkan korsleting listrik.

10. Jangan Coba-Coba Memperbaiki Sendiri Ketika Laptop Bermasalah
Jika suatu saat laptop anda mengalami masalah, jangan pernah berpikir untuk memperbaiki sendiri. Apalagi jika anda tidak memiliki keterampilan untuk itu, bisa-bisa yang tadi rusaknya hanya sepele malah menjadi rusak berat.

10 Tips Cara Merawat Laptop di atas harus anda perhatikan jika ingin laptop anda tetap awet. Saya sendiri pun menggunakan laptop dan menjalankan tips di atas. Hasilnya laptop saya sudah berumur 2 tahun dan belum pernah berurusan denga tukang service. Saya harap artikel ini bisa bermanfaat untuk anda yang membaca, bila anda yang mau menambahkan silahkan berikan di kolom komentar.

Sumber: http://megacara.com/

0 komentar: