Cara Mudah Membuat Menu Vertikal


AntoeWeb - Jika pada postingan sebelumnya saya sudah membahas tentang Cara Mudah Membuat Menu Horizontal maka untuk kali ini saya ingin berbagi cara tentang "cara mudah membuat menu vertikal". Navigasi menu seperti memang sudah jarang terlihat tetapi saya pikir masih tetap enak di lihat jika di modifikasi agar tampak lebih bagus lagi dan jenis menu ini sangat cocol di tempatkan di sidebar karena memang
bentuknya yang vertikal.

Tidak ada salahnya untuk sobat terapkan siapa tau cocok dengan keinginan sobat. Baik, langsung praktekkan saja caranya di bawah ini:,

1. Login ke blogger trus pilih "Layout-->Edit HTML"
2. Masukkan kode berikut sebelum kode ]]></b:skin> atau sebelum kode </style> . Pokoknya ditaruh di dalam Barisan kode CSS deh.

.glossymenu, .glossymenu li ul{
list-style-type: none;
margin: 0;
padding: 0;
width: 185px; /*WIDTH OF MAIN MENU ITEMS*/
border: 1px solid black;
}
.glossymenu li{
position: relative;
}
.glossymenu li a{
background: white url('http://kendhin.890m.com/blog/vertical/blue1.gif') repeat-x bottom left;
font: bold 12px Verdana, Helvetica, sans-serif;
color: white;
display: block;
width: auto;
padding: 5px 0;
padding-left: 10px;
text-decoration: none;
}
.glossymenu li ul{
position: absolute;
width: 190px;
left: 0;
top: 0;
display: none;
}
.glossymenu li ul li{
float: left;
}
.glossymenu li ul a{
width: 180px;
}
.glossymenu li a:visited, .glossymenu li a:active{
color: white;
}
.glossymenu li a:hover{
background-image: url('http://kendhin.890m.com/blog/vertical/blue2.gif');
}

* html .glossymenu li { float: left; height: 1%; }
* html .glossymenu li a { height: 1%; }


Untuk memilih warna menu, perhatikan kode2 yang berwarna merah (blue1.gif dan blue2.gif). Ganti kode tersebut dengan pilihan warna dibawah ini. Misal jika kamu ingin memilih menu warna merah maka kodenya menjadi seperti ini :
.glossymenu li a{
background: white url('http://kendhin.890m.com/blog/vertical/red1.gif') repeat-x bottom left;

dan
.glossymenu li a:hover{
background-image: url('http://kendhin.890m.com/blog/vertical/red1.gif');


Pilihan Warna menu vertikal :

blue1.gif
blue2.gif
green1.gif
green2.gif
red1.gif
red2.gif
pink1.gif
pink2.gif
black1.gif
black2.gif


3. Kemudian di save.
4. Lalu pergi ke menu "Page Elements"
5. Pilih "Add a Gadget -->HTML/JavaScript" kemudian masukkan kode berikut kedalamnya:

<ul id="verticalmenu" class="glossymenu">
<li><a href="/">Home</a></li>
<li><a href="http://antoe-web.blogspot.com">Trik Blog</a></li>
<li><a href="http://antoe-web.blogspot.com" >Free Template</a></li>
<li><a href="http://antoe-web.blogspot.com">Free Ebook</a></li>
</li>
</ul>

Kode yang berwarna merah adalah linknya dan yg warna biru adalah teks yang ditampilkan. Kalau mau menambahkan menu tingal buat lagi kode seperti yg berkedip2 dibawahnya.


Semoga bermanfaat dan terimakasih.

0 komentar: